AGATHA CHRISTIE

May 7, 2009 at 1:02 pm | Posted in Agatha Christie | Leave a comment
Tags: , , , , , , ,

Tentang Pengarang

Agatha Christie

Agatha Christie

AGATHA CHRISTIE dilahirkan di Torquay dan mendapat dorongan untuk menulis dari Eden Phillpotts – seorang penulis drama dari Devonshire. Dalam bukunya yang pertama, The Mysterious Affair at Styles, dia menciptakan tokoh detektif berkebangsaan Belgia, Hercule Poirot, yang kemudian sama terkenalnya dengan tokoh Sherlock Holmes, ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. Buku tersebut diterbitkan tahun 1920.

Pada tahun 1926 terbitlah karyanya yang di anggap sebagai karyanya yang paling hebat, yakni The Murder of Roger Ackroyd: A Hercule Poirot Mystery (Agatha Christie Collection). Agatha Christie menulis lebih dari 70 novel detektif, beberapa novel percintaan dengan nama samaran Mary Westmacott, dan beberapa cerita pendek serta naskah sandiwara – termasuk The Mousetrap yang sudah dua puluh tahun lebih dimainkan di London. banyak novel detektif-nya yang telah difilmkan oleh MGM, antara lain Sepuluh Anak Negro, Pembunuhan di Sungai Nil, dan Pembunuhan di Atas Orient Express.

Agatha Christie adalah pengarang Inggris yang karya-karyanya paling banyak dibaca dan wanita yang paling banyak mengeruk uang dari “pembunuhan” sesudah Lucrezia Borgia!

Agatha Christie menikah dengan Sir Max Mallowan, seorang arkeolog. Hercule Poirot akhirnya meninggal dalam Tirai – Curtain (Hercule Poirot), novel yang, meskipun sudah ditulis dua puluh tahun sebelumnya, baru diterbitkan sebelum Agatha Christie meninggal pada tahun 1976.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment


Entries and comments feeds.